Tips Cara Untuk Mengatasi Brick Android

 Teknologi

Tips Cara Untuk Mengatasi Brick Android

Handphone Android menjadi brick bata

Brick Android

Android memang tergolong ponsel yang canggih. Selain canggih, ponsel pintar ini juga sangat rumit sehingga kita perlu berhati-hati dalam menggunakannya.  Kebanyakan kerusakan android selain dari hardware yang rusak adalah berasal dari software android itu sendiri. Artinya handphone Android dapat menjadi rusak karena salah pemakaian; sederhana, sering kali rusak karena salah mencet tombol setting. Ada lagi kerusakan yang agak ‘berkelas’, yaitu yang dikenal sebagai brick.

Disebut brick karena mirip seperti bata, handphone rusak, tidak bisa digunakan, tinggal buat dilempar saja (tapi jangan dicoba ya). Sebenarnya istilah brick ini sudah sangat lazim di android. Memang istilah ini sering dipakai jika android kita mengalami masalah pada system android. Sebenarnya istilah brick ini dibagi menjadi dua pengertian. Ada yang namanya soft brick yaitu brick atau kerusakan yang terjadi pada software yang rusak. Selain soft brick, ada juga yang namanya hard brick. Hard brick bisa terjadi karena kerusakan pada hardware android itu sendiri.

Kerusakan pada ponsel android ini sendiri biasanya terjadi dengan ciri-ciri seperti bootloop yakni android mengalami restart secara terus menerus, atau bisa juga disebabkan karena blank screen / layar ponsel menjadi hitam dan tidak merespon. Nah, untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya ada beberapa cara.

Cara yang paling mudah untuk mengatasi brick adalah dengan cara flash ulang atau install ulang ponsel android anda. Cara ini memang cara yang sangat ampuh untuk mengatasi brick pada ponsel android anda. Namun biasanya cara ini sangat beresiko. Biasanya file dokumen penting yang ada di dalam ponsel android anda akan hilang entah kemana dan tidak bisa dikembalikan.

Cara yang lain adalah dengan cara mengedit dan mencari penyebab terjadinya brick. Sebenarnya ada trik untuk mengetahui apa masalah yang anda hadapi dengan ponsel android anda. Caranya adalah dengan mengingat kembali apa yang sudah anda lakukan sehingga ponsel android anda bisa mati sendiri, restart sendiri, atau blank. Biasanya kita akan mendapat gambaran error yang terjadi ketika kita sudah mengetahui apa yang sudah kita lakukan. Hal yang paling sering membuat ponsel android kita menjadi brick adalah karena kita ingin mengupgrade operating system android ke yang paling baru. Disini biasanya ada sedikit masalah yang tidak anda perhatikan yaitu kestabilan koneksi internet dan keaslian dari OS yang akan anda gunakan. Penyebab lainnya adalah karena anda mencoba untuk men-tweaking system android anda. Ini lah hal yang sering terjadi pada para pengguna android. Ingin keren, maka ada ‘harga’ yang harus dibayar :)

So, supaya aman, pelajarilah manual/panduan terlebih dulu. Berikut ini cara mengatasi brick Android

Seperti biasa, tip.web.id mengingatkan: Do It at Your Risk (Resiko ditanggung penumpang :))

Author: 

One Response

  • sahfudin

    bagaimana cara mengatasi android yang bermasalah kerana terpadam folder /system pada ponsel android?asyik recovery mode sahaja