5 Cara Mencegah Kram Di Kaki

 Lifestyle/Health

5 Cara Mencegah Kram Di Kaki

5 Cara Mencegah Kram Di Kaki. Kali ini kami akan membagikan tips cara mencegah kram pada kaki. Kram dapat terjadi pada siapapun dan kapanpun sehingga membuat kita tidak nyaman ketika kram melanda kita. Aktivitas seperti pekerjaan akan menjadi terganggu jika kram menyerang secara tiba-tiba.

Berikut ini merupakan tips 5 cara mencegah kram di kaki.

  • Perbanyak Minum Air Putih.

Kekurangan cairan dalam tubuh adalah sebab dari banyak penyakit, termasuk kram. Minumlah 6 – 8 gelas air putih sehari untuk menjaga kelenturan otot Anda atau mengkonsumsi makanan yang kaya akan air seperti sayuran hijau atau semangka.

  • Jangan Terlalu Sering Menggunakan Sepatu High Heels.

Mengenakan high heels membuat kaki cepat lelah. Jika memang harus menggunakannya, sesekali lepaskan sepatu dan lakukan peregangan agar kaki punya kesempatan untuk istirahat.

  • Konsumsi Kalsium dan Kalium.

Suplemen kalsium yang banyak di pasaran dapat menjadi pilihan. Selain itu Anda bisa mencoba mengkonsumsi sayuran seperti kangkung, brokoli, serta yogurt dan susu rendah lemak untuk meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh. Sedangkan kalium bisa Anda dapatkan dalam pisang, alpukat, ikan, unggas dan daging.

  • Olahraga Sebelum Tidur.

Melakukan olahraga ringan sebelum tidur dapat merangsang sirkulasi darah, khususnya pada kaki. Berjalan kaki, bersepeda santai atau perenggangan kaki sebelum tidur dapat Anda lakukan agar tidur lebih nyenyak dan terbebas dari kram.

  • Konsultasi Dengan Dokter.

Salep pereda nyeri otot yang banyak dijual secara bebas tidak bisa meredakan rasa nyeri pada kram yang cukup parah. Segera hubungi dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai kram yang diderita.

Itulah informasi mengenai 5 cara mencegah kram di kaki, semoga tips cara di atas bermanfaat untuk temen-temen semua.

Author: 

No Responses